Sejarah Helm Safety – 1 Abad yang lalu?

Sejarah Safety Helmet
Berawal dari Penemu yaitu Edward Bullard

Sejarah Helm SafetyDengan beberapa kanvas, kulit, shelac, dan cat hitam, penemu Edward Bullard membantu Amerika mengantarkan era baru keselamatan tempat kerja.

Sejarah Helm Safety
Helm penambang ini, yang sekarang menjadi bagian dari koleksi Museum Nasional Sejarah Amerika, dibuat oleh ED Bullard Company di San Francisco, California, setelah tahun 1919. Braket kulit dan logam di bagian depan kemungkinan akan menahan lampu listrik. 
NMAH

Selama Perang Dunia I, kematian terjadi dalam skala apokaliptik di ladang pembantaian Eropa. Munculnya senapan mesin dengan tembakan terus menerus dan artileri modern dengan peluru berdaya ledak tinggi melenyapkan jutaan nyawa di era perang parit berdarah.

Salah satu anugrah yang menyelamatkan adalah helm safety. Sejarah Helm Safety tentara yang tak terhitung jumlahnya dapat kembali ke rumah untuk orang yang mereka cintai karena perlindungan yang diberikan oleh tutup kepala yang berat. Peluru, pecahan peluru, dan puing-puing yang beterbangan sering kali terlepas dari pelindung kokoh yang melindungi kepala dari bahaya.

Seorang letnan muda di kavaleri Angkatan Darat AS menyaksikan langsung keefektifan helm safety dan menyadari potensinya dalam dunia industri pascaperang. Pada tahun 1919, Edward W. Bullard pulang ke bisnis keluarga di San Francisco dan mulai mengembangkan topi pengaman untuk pekerja masa damai.

Sejarah Helm Safety
Hall of Fame Penemu Nasional Edward Bullard

Sejarah Helm Safety Disebut Hard Boiled Hat , tutup kepala berbahan kanvas dan kulit ini adalah perangkat pelindung kepala pertama yang tersedia secara komersial. Sekarang dipakai oleh jutaan pekerja, topi keras Bullard merevolusi industri produk keselamatan, membuatnya mendapatkan tempat di National Inventors Hall of Fame . Dia akan dilantik secara anumerta dalam sebuah upacara pada 7 Mei di Washington, DC

“Penemuan Bullard datang pada saat yang penting,” kata Peter Liebhold, kurator di Divisi Pekerjaan & Industri di Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian , yang memiliki tiga contoh topi keras Bullard dalam koleksi Lampu dan Topi Pertambangannya . “Tambang adalah salah satu tempat kerja pertama yang diatur di Amerika. Topi kerasnya melindungi karyawan dan membatasi tanggung jawab terhadap majikan.”

Dimulai pada tahun 1898, ED Bullard Co. didirikan oleh ayah penemu Edward D. Bullard. Pabrikan memproduksi lampu karbida dan peralatan lainnya untuk penambang di California, Nevada, dan Arizona. Setelah kembali dari perang, putranya mulai mengembangkan ide-ide untuk penutup kepala keamanan yang terjangkau yang akan melindungi para penambang.

Sejarah Helm Safety
USPTO; 
Museum Nasional Sejarah Amerika; 
Ilustrasi oleh Shaylyn Esposito

Sejarah Helm Safety – Meski mengakui bahwa helm logam “ doughboy ” ideal untuk kondisi masa perang, itu tidak optimal untuk industri pertambangan. Itu terlalu besar dan besar untuk bekerja di bawah tanah dan bermanuver melalui tempat-tempat sempit. Ditambah lagi, biayanya sangat mahal.

“Dia menyadari penambang tidak akan mampu membeli helm logam,” kata Wells Bullard, cicit penemu, yang sekarang menjalankan bisnis keluarga. “Dia datang dengan ide topi kanvas, yang dikupas untuk memberikan daya tahan dan kekuatan. Dia juga menemukan sistem suspensi bagian dalam yang mendistribusikan kekuatan benturan.”

Edward W. Bullard sebenarnya mulai mengerjakan sebuah konsep untuk pelindung kepala pada tahun 1915. Namun baru setelah pengalamannya dalam Perang Dunia I desainnya akhirnya terbentuk. Dia memilih untuk menggunakan kanvas bebek yang berat, yang kemudian dibentuk agar sesuai dengan kepala manusia dengan uap, maka nama Topi Rebus Keras. Dia menempelkan pinggiran kulit padanya, mengecatnya hitam dan kemudian melapisinya dengan lak sehingga tahan untuk dipakai sehari-hari di tambang yang kotor dan berbahaya. Pada tahun 1919, Bullard juga mengembangkan topi pelindung untuk Angkatan Laut AS, yang ingin menjaga keselamatan pekerja galangan kapal.

Saat berita tentang tutup kepala pengaman baru menyebar, pekerja di industri lain mulai memakainya. Bullard, yang menerima 13 paten untuk penemuannya, segera membuat versi baru topinya dengan adaptasi untuk penggunaan yang berbeda. Salah satunya termasuk perangkat untuk menahan lampu karbida yang dibuat oleh perusahaannya sehingga penambang dapat menemukan jalan mereka melalui terowongan bawah tanah yang gelap. Yang lainnya adalah topi yang terbuat dari Bakelite , bentuk awal dari plastik yang tahan terhadap kerasnya pekerjaan kasar.

“Bullard menjual lampu karbida, yang merupakan lampu keselamatan awal untuk operasi penambangan,” kata Liebhold. “Mereka menggunakan sistem asetilena yang terkandung, yang bukan merupakan ancaman saat peledakan.”

“Mahkota Topi” EW Bullard, dipatenkan 15 Januari 1929 

Pada awalnya, memakai hard hat adalah pilihan, bukan keharusan. Penambang dan pekerja lain membeli tutup kepala pengaman atas inisiatif mereka sendiri. Namun, hal itu berubah selama pembangunan Bendungan Boulder, yang kemudian berganti nama menjadi Bendungan Hoover , di sepanjang Sungai Colorado pada tahun 1931. Untuk pertama kalinya, pengusaha mewajibkan pekerja untuk mengenakan topi keras. Foto-foto dari proyek itu menunjukkan para pria di jackhammers dan memanjat tebing mengenakan versi berbeda dari Topi Rebus Keras.

Pada tahun 1933, pembangunan dimulai di Jembatan Golden Gate sepanjang satu mil melintasi Teluk San Francisco. Khawatir tentang ancaman paku keling yang jatuh saat para pekerja memasang konektor logam panas ke balok besi, kepala insinyur Joseph Strauss memerintahkan semua orang untuk memakai topi keras.

Saat mengunjungi situs tersebut, Bullard mengetahui tentang masalah keamanan lainnya. Baja yang digunakan untuk membangun jembatan rentan terhadap oksidasi dan perlu dilakukan sandblasting untuk menghilangkan karat sebelum dipasang. Proses tersebut menghasilkan debu yang berbahaya, sehingga Bullard menemukan solusi.

“Menghirup partikel yang disebabkan oleh baja sandblasting itu berbahaya,” kata Wells. “Kakek buyut saya datang dengan ide untuk setelan dengan udara terkompresi untuk melindungi para pekerja.”

Sejarah Topi Keras
Pengusaha mengharuskan pekerja untuk memakai topi keras selama pembangunan Bendungan Boulder, yang kemudian berganti nama menjadi Bendungan Hoover, di sepanjang Sungai Colorado pada tahun 1931. 
Ben D. Glaha melalui Library of Congress

Pasar peralatan keselamatan yang baru mengakibatkan pergeseran prioritas untuk ED Bullard Co. Ini beralih dari membuat peralatan pertambangan dan hanya berfokus pada produk untuk melindungi pekerja. Sekarang berkantor pusat di Cynthiana, Kentucky, bisnis ini adalah produsen terkemuka peralatan dan sistem pelindung pribadi berkualitas tinggi di seluruh dunia, termasuk berbagai macam helm pengaman. Ini memperkenalkan topi keras pertamanya dalam termoplastik pada tahun 1952 dan mulai beralih ke polietilen pada 1960-an. Semua helm safety telah dibuat dari plastik sejak awal 2000-an.

Helm modern itu dijual hari ini dengan harga antara Rp 300.000 hingga Rp 900.000. Helmet Pemadam Kebakaran asli dijual dengan harga kurang dari 4 Juta — hampir 3,5 Juta hari ini.

Kunjungi juga Product Catalogue Kami : Product Catalogue Weldbro

Wells Bullard tidak akan senang untuk menghadiri upacara induksi National Inventors Hall of Fame untuk kakek buyutnya, yang meninggal pada tahun 1963. Namun, dia tidak akan bisa hadir karena dia akan fokus pada generasi berikutnya. pemilik.

“Saya ingin sekali pergi, tetapi saya mengharapkan anak kedua saya di bulan Mei,” katanya. “Ini adalah kehormatan yang menarik dan saya berharap saya bisa berada di sana, tetapi saya pikir saya akan sibuk.”

Bullard memiliki pandangan tentang masa depan. Perusahaan terus berinovasi dan menemukan cara yang lebih baik untuk melindungi pekerja. Musim semi ini, ia berencana untuk memperkenalkan lini baru topi keras Bullard untuk pasar industri.

“Mereka mirip dengan helm panjat dengan bantalan busa dan tali dagu terintegrasi, tetapi dibuat khusus untuk pekerja industri,” kata Bullard. “Lini baru kami dirancang oleh pekerja untuk pekerja. Kami selalu mencari cara untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pelanggan kami, yang bekerja di lingkungan berbahaya setiap hari, dan kami tidak pernah berhenti.”

Produk baru seperti ini terus memperluas pasar. Menurut Hexa Research , penjualan helm Safety global diperkirakan mencapai $2,1 miliar pada tahun 2016. Proyeksi menyerukan pertumbuhan yang berkelanjutan hingga tahun 2025—semua berkat upaya inspirasional Edward W. Bullard.

BULLARD – Our History

5 thoughts on “Sejarah Helm Safety – 1 Abad yang lalu?

  1. Pingback: Body Harness Adalah?, Mengenal apa itu Safety Body Harness.

    • Administrator says:

      Berikut helm safety yang merupakan salah satu Apd Pelindung Kepala dari masa ke masa :

      1. Aspal yang dikeringkan sebelum tahun 1912
      2. Kanvas tebal tahun 1919
      3. lumunium tahun 1938 ( bahan ini tidak boleh digunakan pada pekerja di bidang listrik karena berbahaya dan bisa tersetrum)
      4. Fiberglass tahun 1940
      5. Thermoplastic tahun 1950
      6. High Density Polyethylene atau HDPE yang masih digunakan sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *