Arc Flash Adalah? Pengertian arc Flash & Alat Pelindung Diri yang tepat.

Arc Flash Adalah? Pengertian arc Flash & Alat Pelindung Diri yang tepat.

Apa itu Arc Flash?

Definisi arc flash atau busur api atau busur kilat adalah pelepasan energi panas dan cahaya secara tiba-tiba yang dihasilkan oleh menjalarnya listrik melalui udara seperti kilat.

 Arc flash merupakan fenomena yang biasanya disebabkan oleh hubungan tak disengaja antar konduktor bertegangan atau antara konduktor bertegangan dengan tanah.

Temperatur pada titik busur dapat mencapai atau bahkan lebih dari 35000 Fahrenheit, atau empat kali temperatur permukaan matahari atau sekitar 20.000°.

Udara dan gas disekitar busur secara cepat akan memanas dan membuat konduktor menjadi uap.

Uap ini lalu menyebabkan gelombang yang disebut dengan arc blast atau ledakan busur.

Arc blast adalah fenomena lanjutan dari kejadian arc flash. Arc Blast dan arc flash adalah merupakan fenomena berbahaya dengan berbagai tingkat risiko.

Artikel ini akan membahas apa itu Arc Flash sesuai standar NFPA 70E.

Baca Juga Artikel Mengenai : Bagaimana Mengetahui Standar Sepatu Safety?

Satuan dan Ukuran Arc Flash

Untuk menentukan efek potensial arc flash, kita perlu mengerti beberapa istilah dasar. Arc flash menghasilkan panas yang tinggi pada titik terjadinya busur. Energi panas diukur dengan satuan seperti BTU, joule, atau kalorie.

Tingkat Resiko Arc Flash

NFPA 70E, Standar Keselamatan Kerja Listrik di tempat kerja, mengkategorikan bahaya arc flash menjadi lima Kategori Resika Bahaya (HRC 0 hingga 4)

Berdasarkan jumlah energi yang dilepaskan pada jarak kerja tertentu pada terjadinya arc flash. Yakni:

Studi arc flash menunjukkan bahwa banyak peristiwa di industri di mana arc-flash menghasilkan energi sebesar 8 cal/cm2 (HRC 2) atau kurang, tetapi kecelakaan lain dapat menghasilkan 100 cal/cm2 atau lebih (melebihi semua HRC).

Penting untuk diingat bahwa hanya dengan 1,2 cal/cm2 (HRC 0) dapat menyebabkan luka bakar tingkat kedua ke kulit yang tidak memakai APD.

Faktor-faktor Penentu  Tingkat Keparahan Arc Flash

Beberapa kelompok dan organisasi telah mengembangkan formula untuk menentukan energi yang tersedia di berbagai jarak kerja dari arc flash Dalam semua kasus, keparahan arc flash tergantung pada satu atau lebih kriteria berikut:

  • Arus hubung singkat
  • Tegangan system
  • Celah-celah (gap)
  • Jarak dari busur
  • Waktu pembukaan perangkat pelindung arus berlebih (OCPD)

Ketika arc flash cukup parah terjadi, perangkat proteksi arus lebih (sekering atau circuit breaker) hulu dari gangguan harus memutus arus atau supply listrik.

Besarnya insiden energi yang dapat terpapar pada pekerja selama arc-flash berbanding lurus dengan total waktu pemutusan (I²t) dari perangkat proteksi arus lebih.

Makin besar setting arus dan waktu pembukaan sebuah pemutus maka akan dihasilkan energi insiden lebih besar.

Terkait dengan arc flash, satu-satunya variabel yang dapat dikontrol secara langsung adalah waktu yang dibutuhkan perangkat proteksi arus berlebih untuk memadamkan busur.

Cara praktis serta signifikan untuk mengurangi durasi resiko arc flash adalah dengan menggunakan OCPD di mana perangkat proteksi akan membatasi lamanya arc flash di seluruh sistem kelistrikan.

Efek Arc Blast

Arc blast merupakan efek lanjutan dari arc flash. Arc blast adalah gas dan udara panas yang dapat menyebabkan ledakan, tekanan gelombang, atau ledakan setara TNT karena kejadian arc flash.

Arc blast ini merupakan fenomena dengan kategori bahaya serta tingkat resiko tinggi.

Gas-gas yang dikeluarkan dari ledakan membuat berbagai material logam bisa berhamburan. Misalnya, suhu tinggi akan menguapkan tembaga, yang mengembang pada kecepatan 67.000 kali massanya ketika berubah dari padat menjadi uap.

Bahkan benda besar seperti pintu panel listrik, bus bar tembaga, atau komponen logam lainnya dapat terlontar beberapa kaki dengan kecepatan sangat tinggi.

Dalam beberapa kasus, bar bus keluar dari dalam panel listrik yang menjebol dinding panel.

Tekanan ledakan bisa melebihi 2.000 pound/ft2, menjatuhkan para pekerja dari tangga atau bahkan menghancurkan paru-paru pekerja.

Peristiwa ini terjadi sangat cepat dengan kecepatan melebihi 700 mil/jam sehingga tidak memungkinkan bagi seorang pekerja untuk menyingkir.

Rekomendasi Alat Pelindung Diri yang tepat untuk Arc Flash.

Ada beberapa Solusi untuk Menghindari Bahaya Arc Flash, diantaranya adalah Alat Pelindung Diri yang tepat, Berikut adalah alat pelindung diri sesuai tingkatan Arc Flash yang Weldbro Rekomendasikan.

  1. Sherwood HRC 1
Hazard Risk Category 1 - Sherwood Arc Flash Suit

Jacket & Celana ini dilengkapi Khusus untuk Hazard Risk Category 1 dengan ketahanan Maksimal yaitu 4 cal/cm², Jenis kain dari Baju tersebut adalah Nomex.

2. Sherwood HRC 2

Jacket & Celana ini dilengkapi Khusus untuk Hazard Risk Category 2 dengan ketahanan Maksimal Bahkan Melebihi HRC 1 yaitu 22 cal/cm², dengan begitu Coverall ini sangat kuat untuk menahan ledakan arc flash, Jenis kain dari Baju Tersebut adalah Nomex.

3. Sherwood HRC 3

Bip Coverall ini dilengkapi Khusus untuk Hazard Risk Category 3 dengan ketahanan Maksimal Bahkan Melebihi HRC 2 yaitu 36 cal/cm² serta memiliki perlindungan 2 Lapis, dengan begitu Bip Coverall ini sangat kuat untuk menahan ledakan arc flash, Jenis kain dari Coverall ini Nomex.

4. Sherwood HRC 4

Bip Coverall ini dilengkapi Khusus untuk Hazard Risk Category 4 dengan ketahanan Maksimal Bahkan Melebihi HRC 3 yaitu 69 cal/cm² serta memiliki perlindungan 3 Lapis, dengan begitu Bip Coverall ini sangat kuat untuk menahan ledakan arc flash, Jenis kain dari Coverall ini Nomex.

Jika ingin membeli yang sudah kami rekomendasikan Alat Pelindung Diri untuk bahaya Arc Flash sesuai urutan kategorinya Click Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *