Titik Gempa Bumi di Indonesia Januari 2022 dan Cara Melindungi Diri Dari Gempa Bumi.

Berikut Titik Gempa Bumi di indonesia Januari 2022

4 jam yang lalu magnitudo 4,8, kedalaman 62 km Labuan, Banten, Indonesia

10 jam yang lalu magnitudo 4,7, kedalaman 42 km Labuan, Banten, Indonesia

14 jam yang lalu magnitudo 5,1, kedalaman 10 km Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

21 jam yang lalu magnitudo 5,4, kedalaman 32 km Labuan, Banten, Indonesia

22 jam yang lalu magnitudo 6,6, kedalaman 37 km Labuan, Banten, Indonesia

1 hari yang lalu, magnitudo 4,5, kedalaman 10 km Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

2 hari yang lalu, magnitudo 4,5, kedalaman 270 km Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

3 hari yang lalu magnitudo 4,9, kedalaman 10 km Amahai, Maluku, Indonesia

3 hari yang lalu magnitudo 4,6, kedalaman 10 km Maumere, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

3 hari yang lalu magnitudo 4,6, kedalaman 127 km Ternate, Maluku Utara, Indonesia

Berdasarkan informasi dari BMKG setelahnya, pusat gempa adalah di Sumur, Banten. Gempa Banten berkekuatan M 6,6. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB 14/01/2022. Lokasi gempa berada di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 40 km (sebelumnya dinyatakan BMKG di kedalaman 10 km).

Indonesia termasuk negara yang rentan untuk mengalami gempa bumi. Oleh karena itu, kamu dan keluarga perlu untuk mengetahui cara menghadapi gempa bumi, agar dapat menyelamatkan diri dari bahaya bencana ini. Berbeda dengan banjir yang bisa diantisipasi, gempa bumi sulit diketahui kapan akan terjadi, dan tidak bisa diprediksi. Meski begitu, Kamu tetap bisa melakukan beberapa cara agar Kamu dan keluarga terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingin tahu apa saja persiapannya?
Cara Melindungi Diri dari Gempa

1. Mencari tempat yang aman Jika terjadi gempa, cobalah untuk menunduk, berlindung, dan bertahan hingga guncangan berhenti. Ambil posisi jongkok atau tengkurap. Lindungi kepala dan leher dengan tangan. Secara perlahan, merangkaklah ke arah furnitur yang kokoh seperti meja dan berlindunglah di bawahnya.

Jika Kamu atau keluarga sedang berada di gedung yang tinggi, jauhkan diri dari jendela dan dinding. lakukan perlindungan yang sama, yaitu mencari furnitur yang kokoh yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berlindung.

2. Memberikan kabar ke orang yang bisa diandalkan Apabila terperangkap di dalam rumah atau bangunan lainnya, usahakan untuk memberikan kabar keberadaan kepada orang terdekat. Kalau sedang membawa ponsel, kirim pesan singkat ke orang yang dapat diandalkan.

Selain mengirim pesan singkat, cobalah untuk memukul pipa atau dinding, atau jika membawa peluit, tiup pluit tersebut agar regu penyelamat segera memberikan pertolongan dan mengevakuasi.

3. Menjauhi bangunan dan cari tempat terbuka Jika gempa terjadi saat berada di luar rumah, cari tempat yang terbuka dan jauhi bangunan, pohon, jembatan, jalan layang, atau kabel. Apabila berada di dalam kendaraan, menepi dan berhentilah. Tetap berada di tempat yang aman selama gempa. Waspadai gempa susulan yang terkadang guncangannya lebih kuat.

4. Menentukan titik pertemuan Jika perlu, tentukan tempat di mana sekeluarga dapat bertemu setelah menyelamatkan diri. Hal ini berguna jika Kamu dan anggota keluarga sedang tidak berada di tempat yang sama atau terpisah saat gempa.

Rumah “Ramah” Gempa Bumi Mengajak keluarga untuk mempelajari dan menyiapkan diri sebelum gempa terjadi diharapkan dapat membuat semua lebih siap dalam menghadapi bencana ini, apalagi jika kamu dan keluarga tinggal di daerah yang rawan gempa.

Beberapa hal yang bisa kamu dan keluarga lakukan untuk membuat rumah lebih aman terhadap gempa adalah:

Selain Melindungi Diri Kita juga harus mengantisipasi Lingkungan sekitar kita tinggal terhadap gempa, penting pula untuk memberikan pengetahuan kepada anggota keluarga tentang cara memberi lingkungan yang nyaman untuk menghindari gempa bumi. Di antaranya:

1. Menata perabot dengan baik Kamubisa menata rumah sehingga lebih aman jika terjadi gempa. Misalnya dengan menaruh benda-benda yang rawan pecah di bagian bawah dan menjauhkan pajangan berat, seperti lukisan dan cermin, dari tempat-tempat di mana orang duduk atau tidur.

Tujuannya agar benda-benda tersebut tidak menjatuhi penghuni rumah ketika gempa terjadi. Saat berlindung, usahakan untuk melindungi kepala dan wajah dengan bantal atau barang lainnya agar kepala dan wajah benar-benar terlindungi.

2. Menyiapkan tas siaga bencana Siapkan tas siaga bencana yang berisi perlengkapan darurat, seperti makanan, pakaian, dan kotak P3K, yang mungkin akan dibutuhkan selama setidaknya 3 hari hingga bantuan datang.

Pastikan semua anggota keluarga tahu letak tas ini agar dapat dibawa dengan mudah. Kamu juga bisa menyiapkan tas serupa di tempat kerja dan kendaraan pribadi.

3. Kenali tempat berlindung Identifikasi tempat mana saja di setiap ruangan yang aman untuk digunakan sebagai tempat berlindung saat gempa terjadi. Beri tahu keluarga untuk berlindung di tempat-tempat tersebut, seperti berlindung di bawah perabot yang kuat seperti meja dan kursi yang kokoh.

Selain berlindung di tempat yang aman, bersandarlah di dinding yang ada di sudut bangunan juga disarankan. Sebaliknya, hindari berlindung di dekat lemari atau furnitur lain yang berpotensi jatuh.

4. Melakukan simulasi untuk menghadapi bencana Tidak ada salahnya melakukan simulasi evakuasi sederhana di rumah. Mulai dari cara berlindung di dalam rumah, melakukan evakuasi ke luar ruangan, hingga belajar melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Ini merupakan bagian penting dalam mempersiapkan diri menghadapi gempa bumi.

5. Menyimpan daftar nomor-nomor penting Catat nomor-nomor penting seperti rumah sakit, ambulans, polisi, pemadam kebakaran, atau instansi pemerintah. Ajari anak-anak untuk melakukan hal ini dan beri tahu mereka bagaimana cara menghubungi nomor-nomor tersebut. Tujuannya agar mereka tahu apa yang harus dilakukan saat berada di kondisi darurat.

Cara-cara ini mungkin Berdampak besar pasca terjadinya bencana gempa bumi, Tetap dalam mentingin keselamatan diri Semuanya!!!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *